Selasa, 05 November 2019

Nungguk Toko the series #Tamat


Source by Pixabay
Melayani customer adalah kewajibanku setiap hari tidak bisa ditolak apalagi mengeluh. Berbagai macam karakter customer yang harus kuladeni tak terhitung ada berapa ratus kalau dijadikan emoticon di smartphone. Mungkin jika dilihat dari kacamata teman-teman semuanya ah kelihatannya mudah kok, “Eh hello nggak semudah membalik sendal yang habis keinjek”. Bisa dibilang melayani customer dari lingkup jualan sembako kurang lebih seperti mendeteksi karakteristik orang lain. banyak kejadian dari suka menjadi duka, yang duka menjadi tawa. Kejadian demi kejadian yang kerap sekali membawa angin segar disetiap mata yang menyaksikan. Lalu kejadian apa sajakah yang dilakukan cutomer saat melakukan transaksi jual-beli di toko sederhana atau yang disebut dengan toko kelontong? 

Jumat, 27 September 2019

Kejadian Sementara

Source by Pixabay
Ada yang mengatakan "Enak ya jadi guru kerjaan ngajar doang, pulangnya bawa bingkisan" kalau ketemu orangnya langsung sudah ku semprot air galon tuh orang. Gajah di pelupuk mata tidak terlihat tapi semut dilautan tampak jelas, begitulah peribahasanya. suatu kehormatan dan kesenangan sesaat di waktu-waktu menunggu wisuda mendapat amanah menjadi guru pengganti di salah satu sekolah dasar swasta berbasis Islam. Loh kan jurusannya PAI, kok ngajar anak SD? iya maka dari itu namanya kesempatan, masih dalam lalu lintas yang sama. Mendapat kesempatan mengajar mengamalkan ilmu di di TKP langsung adalah hal yang cukup familiar disamping sehari-hari kebiasaanku mengajar privat bedanya kali ini tanggung jawab dan target lebih tampak mata ketimbang aku ngajar privat. 

Selasa, 17 September 2019

Beberapa Adegan Yang Akan Kamu Saksikan Saat berjualan!



Source by Pixabay
Tulisan ini adalah seri ketiga tentang anak yang telahir dari orang tua yang punya usaha bakul (dagangan). Pada tulisan ini ku akan membahas beberapa adegan yang harus kalian terima mentah-mentah saat berhadapan dengan konsumen maha benar. Kenapa saya harus share ini ke kalian? Supaya menjadi sabuk pengaman saat kalian belum/sudah berjualan salah satunya dengan membuka store offline. Karena dinamika manusia yang beraneka ragam menuntut seorang penjual harus tegas tapi juga tetap lemah lembut. Berikut adalah adegan yang sering muncul dari mimik konsumen, kalian siap?

Sabtu, 24 Agustus 2019

Yuk #BelanjaDiSaudara Pakai Uang Cash

Source by Pixabay
#belanjadisaudara akhir-akhir ini sedikit agak viral di media sosial. Pasalnya ada yang sadar atau tidak kenapa muncul tagar semacam itu? salah satu akar masalahnya adalah makin maraknya toko-toko non tradisional seperti alfamart, indomart dll yang mendirikan bangunan dengan mudahnya sampai masuk ke desa-desa dan menyumbat perekonomian warga sekitar desa tersebut. Jika ditelisik kembali maraknya minimarket yang muncul sampai ke desa-desa adalah sebuah bentuk modernisasi pasar zaman ini. Namun tahukah kalian sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik sama seperti minum obat kalau kebanyakan berakibat overdosis. Mungkin sebagian orang mengatakan ada bagusnya minimarket mulai bermunculan dimana-dimana bisa membuka lapangan pekerjaan dan memudahkan orang untuk menemukan barang yang dibutuhkan selama 24 jam. Eh halooo? Di kira toko nggak ada atau pasar tradisional udah tutup?. 

Sabtu, 17 Agustus 2019

Tidak menghargai orang lain secara tidak sadar, yakin kamu tidak pernah?




Bumi ini memiliki jutaan kelompok dengan segenap manusia yang amat pula bervariasi. Baik itu terpisah benua, negara, kota, desa dan pisahan yang paling kecil antar keluarga. Dengan tepisahnya manusia dalam bagian-bagian kecil tentu melahirkan hal-hal yang bersimpangan pendapat. Bukan suatu kebetulan memang manusia diciptakan dalam keadaan berbeda pemikiran untuk kesatuan tujuan yang diinginkan baik itu kesatuan agama, pekerjaan, impian, atau kepentingan lainnya. Lalu hidup dan berjalan berdampingan dengan pemikiran yang beragam bisa memicu kontradiksi bahkan kontroversi yang tidak jarang bersinggungan dengan nilai dan norma kehidupan. Sikap dan tingkah laku yang timbul manusiawi dalam diri individu bisa menjadi pemicu sederhana untuk mengembangkan bara api diantara manusia. Lalu apa kalian sendiri pernah, secara tidak sengaja melakukan ucapan atau tingkah yang tidak menghargai orang lain? berikut kriterianya:

Minggu, 14 Juli 2019

Resiko Yang Harus Kamu Tahu Jika Punya Warung Dikelola Sendiri, Sudah Siap?



Pada artikel sebelumnya ku sudah membahas suka duka menjadi anak yang telahir dari orangtua yang pekerjaanya jualan sembako (baca). Kali ini akan ku ulas resiko-resiko yang harus dialami sebagai penjual apapun itu yang dijual yang lokasinya menghadap jalan raya langsung emang ada toko yang menghadap alas karena hari-hari ku tidak lebih dan selalu diwarnai dengan kegiatan meladeni pembeli dari mulai melayani pembeli anak kecil, mengangkat galon ke dalam mobil, sampai harus rela terlibat adu mulut karena pembeli tidak bawa uang tapi barang sudah telanjur dibawa. Ya begitulah namanya dunia, kadang warna putih, kadang warna jingga setengah mentah. Di syukuri saja.

Selasa, 11 Juni 2019

Kebiasaanku Saat Ramadhan Tiba, Kamu?



Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Namaku alfimanzila biasa dipanggil zila. Orang asli Sidoarjo Jawa timur. Lahir dan besar di sebuah Desa yang sekarang mulai beralih menjadi kota bernama Desa Kemiri Kecamatan Sidoarjo Kota Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Sejak kecil orang tua selalu mengajarkan hal tentang kesederhanaan dan hidup mandiri karena tempat tinggal kami jauh dari perkampungan masyarakat, bahkan jauh dari sanak saudara. Sejak umur 9 tahun ku sudah diajari berjualan. Karena sumber ekonomi keluarga berasal dari toko sembako yang dibangun didepan rumah. Alhasil keseharianku selain belajar menempuh pendidikan di sekolah ada kewajiban lain yakni membantu berjualan di toko.

Nungguk Toko the series #Tamat